Thursday 8 December 2011

Do’a Menghilangkan Sifat Pemarah

Secara khusus Materi Dakwah Islam dan Kultum memberikan do’a untuk menghilangkan amarah (marah). Fungsinnya adalah agar kita dapat mengendalikan amarah, meredam, meredakan dan menghentikan amarah yang terkadang muncul karena satu sebab.

Apabila kita termasuk tipe orang pemarah atau tidak dapat menahan amarah maka lebih tepat bila kita selalu membaca do’a ini.

Sedangkan do’a yang fungsinnya agar kita dapat mengendalikan, meredam, meredakan, menghilangkan, melenyapkan, mengurangi, menghindari,  dan menghentikan amarah adalah sebagai berikut :


اَللهَمَّ اذْهَبْ عَنِّيْ غَيْظَ قَلْبِيْ وَاغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ وَأَجِرْنِيْ مِنْ مَضَلاَتِ الْفِتَنِ ، أَسْأَلُكَ بِرِضَاكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ ، أَسْأَلُكَ جَنَّتَكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ نَارِكَ ، أَسْأَلُكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مَنَ الشَّرِّ كُلِّهِ ، اَللهُمَّ ثَبِّتْنِيْ عَلٰى الْهُدٰى وَالصَّوَابَ وَاجْعَلْنِيْ رَاضِيًا مَرْضِيًا غَيْرَ ضَالٍّ وَلاَ مُضَلٍّ

Artinya : “Ya Allah, hilangkan dariku hati yang suka marah dan ampunilah dosa-dosaku dan jauhkanlah aku dari fitnah yang menyesatkan. Aku memohon kepada-Mu ridha-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari murka-Mu, dan aku memohon kepada-Mu akan surga-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka-Mu. Aku memohon kepada-Mu akan segala kebaikan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan dan kejahatan. Ya Allah, teguhkanlah aku dalam petunjuk dan kebenaran. Dan jadikanlah aku orang yang ridha akan (qadla dan qadar-Mu) dan diridhai (oleh-Mu)



Atau do’a yang lebih pendek :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِي وَآجِرْنِي مِنْ الشَّيْطَانِ

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku, dan jagalah aku dari godaan setan"

Cara membacanya do’a untuk menghilangkan amarah (marah) yaitu :

1.    Dibaca setiap hari dan setiap saat. Fungsinya adalah untuk pencegahan. Dengan membaca do’a ini, bagi yang pemarah Insya Allah, sifat pemarahnya dapat hilang atau minimal dapat dikendalikan.

2.    Dibaca pada saat amarah atau marah itu muncul. Ketika dada mulai bergejolak, dan terasa hawa amarah mulai menggelegar maka segeralah membaca do’a tersebut. Maka diharapkan kemarahan tidak jadi muncul dan kita bisa meredamnya

3.    Dibaca setela marah. Fungsinya adalah untuk penyadaran tehadap diri sendiri agar kemarahan tersebut tidak terulang lagi. Kemudian ikuti dengan permohonan maaf kepada orang yang kena marah oleh kita dan selanjutnya memohon ampun kepada Allah.  

Nasrun min Allahi wa fathun qariib.
Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. terima kasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Saya selalu marah sama orang tua saya ketika di marahi saya selalu berani kepada orang tua saya sebenar nya saya sifat nya pendiam tapi waktu di marahi orang tua saya selalu berani cara nya menghilangkan sifat amarah agar marah saya tidak muncul lagi ketika dimarahi orang tua gimana?

    ReplyDelete